Review Pengalaman Menggunakan Hosting di RumahWeb

Review Rumahweb - Mungkin kalian sedang mencari hosting? Kegiatan mencari hosting yang bisa diandalkan sebenarnya gampang gampang susah juga.

Nah kali ini aku ingin sedikit berbagi pengalaman ku nih selama menggunakan hosting di Rumahweb. Simak baik baik ya.

Shared Hosting Rumahweb
Shared Hsting Rumahweb

Paket yang Dipilih


Di sini aku menggunakan shared hosting dengan paket business small. Untuk harga normalnya sih Rp50.000,- per bulan, tapi jika kalian pertama kali daftar nanti akan mendapatkan diskon awal sebesar 65%.



Harga diskon tersebut tentunya hanya berlaku untuk registrasi awal saja sih. Selanjutnya kembali ke harga normal yang telah disebutkan.





Alasan Memilih Rumahweb


Sebenarnya tidak ada alasan spesifik sih mengenai kenaapa saya memilih rumahweb. Untuk informasi, di sini aku menggunakan hosting di rumahweb untuk blog pribadi yang dibangun menggunakan wordpress. Untuk blog ini sendiri menggunakan blogspot ya.

Awalnya sih hanya pingin belajar wordpress yang dihosting langsung secara online, dan kemudian nemu tuh iklan rumahweb di beranda Instagram ku.

Nah di situ tertulis unlimited hosting dengan harga 200k gratis domain .com selama setahun. Tanpa pikir panjang langsung aja disikat hehehe.

Eh sialnya pas di clientzone harga perpanjangannya 750k gila beut. Dengan rincian, harga hosting setahun 600k dan harga domain setahun 150k. Tapi ga papalah, mari kita bahas performanya.

Tes Kecepatan Website


Aku gak akan bahas panjang lebar sih tentang masalah seperti ini, karena ini merupakan hal teknis yang perlu diulas oleh ahlinya. Namun saat aku lakukan tes secara mandiri didapati hasil seperti berikut :

GT Metrix

Test GT Metrix
Test GT Metrix



Web.dev

Test Web.dev
Test  Web.dev



Speed Insight

Test Page Speedinsight
Test Page Speedinsight



Dari ketiga tools di atas, masalah utama yang dihadapi selalu pada speed index. Dan kemudian saat dilihat keterangan dari tools tersebut tertulis kalau waktu respons servernya lemot.

Tapi saat dikunjungi langsung blongnya itu memiliki respon loading yang cepat + ringan.

Sebagai informasi blog tadi menggunakan theme dari generatepress dan isi kontennya hanya tulisan dan beberapa gambar pendukung, sedangkan yang saya tes di atas adalah home page dari blog.

Namun, di sini saya sedikit memiliki kendala. Di mana setiap buka sisi dashboard admin di wordpress lemotnya minta ampun. Kadang lemot kadang juga enggak, tapi maklum lah ya soalnya ini memang shared hosting jadi source yang digunakan juga dibagi-bagi.

Pelayanan


Overall pelayanan rumahweb cukup cepat, dari sisi CS sampai teknikal support sangat mantab lah. Awal pengen beli hosting itu malam malam sekitar jam 10 an. Chattingan sama CS nya pun masih fast respon via WA.

Terus pernah tuh sekali mengalami kendala dan melayangkan tiket bantuan di clientzone. Hanya sekitar 10 menit masalah sudah clear, chatnya pun hanya 3 menitan setelah tiket dibuka sudah ada balasan.

Di pembelian paket small ke atas kalian nanti akan dapat bonus-bonus seperti theme dan plugin. Aku minta tuh 2 theme generatepress dan studiopress. Langsung dipasangkan ga ada 30 menit dah selesai.

Tapi, cuma domain utama saja yang bisa claim ga bisa domain tambahan atau untuk sub domain.

Mungkin itu aja sih pengalaman ku menggunakan Rumahweb. Terima kasih sudah membaca artikel kurang jelas ini hehehe.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url