Cara Memulai Usaha Cetak ID Card Menggunakan Printer Rumahan

Cara Memulai Usaha Cetak ID Card Menggunakan Printer Rumahan


ID Card sudah menjadi hal yang wajib dimiliki oleh setiap orang terutama yang tergabung dalam lembaga maupun instansi, entah itu resmi atau belum.

Dari situ, bisa kita ambil kesimpulan bahwa usaha cetak ID Card bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan di tengah masyarakat saat ini. 

Menariknya, kita tidak perlu beli alat yang mahal untuk bisa memulai usaha cetak ID Card ini. Tinggal siapkan laptop/PC, printer rumahan, kertas untuk ID Card, alat laminating, dan pemotong id card.

Untuk modal awal bagi teman-teman yang belum punya PC atau Laptop mungkin agak mahal di sana, nah tapi kali ini akan saya bahas lebih lanjut di artikel ini.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan Untuk Usaha Cetak ID Card

Dalam memulai usaha apapun, kita harus mengetahui alat dan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk memulainya.

Nah berikut ini adalah beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk memulai usaha cetak ID Card.

Komputer/Laptop

Yang pertama dan harus dimiliki adalah komputer sebagai senjata utama dalam menjalankan usaha ini. Untuk pemilihan komputer bisa menyesuaikan budget yang kita miliki saja.

Minimal komputer yang kita gunakan adalah dual core dengan ram 4gb, spesifikasi tersebut sebenarnya hanya cocok untuk pekerjaan ringan-ringan saja. 

Jadi kurang optimal untuk editing, namuan jika menggunakan aplikasi dengan versi yang agak lama saya rasa masih tangguh.

Tapi untuk minimum yang saya sarankan untuk menjalankan bisnis percetakan adalah minimal 4 core dan ram 8gb.

Untuk lebih jelasnya baaimana cara memiliki komputer untuk usaha percetakan kalian bisa membaca artikel saya berikut ini : Cara Memilih Komputer Untuk Memulai Usaha Percetakan Rumahan

Printer

Selanjutnya adalah printer, dalam memilih printer sangat disarankan menggunakan printer yang support tinta Art Paper.

Kenapa demikian? karena dalam dunia percetakan, tinta Art Paper akan meningkatkan kualitas hasil cetakan. Tidak hanya warna yang cerah, namun juga daya tahan yang lama. 

Baca Juga : Cara memilih printer yang bagus untuk usaha percetakan rumahan

Tinta Art Paper

Pada point sebelumnya sudah saya bahas mengenai pemilihan printer yang support dengan tinta art paper.

Ada banyak sekali merk tinta art paper, tentunya ada harga ada kualitas. Namun, belum tentu juga yang mahal memiliki kualitas hasil cetak yang maksimal.

Jika ingin mendapatakan tinta art paper yang maksimal, saya rasa teman-teman harus rajin-rajin mencari informasi mengenai itu. Karena, menurut pengalaman saya mencari informasi, setiap orang memiliki pengalaman yaang berbeda saat menggunakan tinta art paper.

Baca Juga : 

alasan memilih tinta art paper untuk usaha percetakan 

cara memilih tinta art paper untuk usaha percetakan

Kertas PVC ID Card

ID Card memiliki kertas sendiri, jadi tidak semua kertas bisa digunakan untuk membuat ID Card. 

Dengan menggunakan PVC ID Card, hasil karti akan seperti halnya KTP dan SIM, jadi memiliki bentuk yang kaku dan bening seperti dilaapisi kaca, begitulah kira-kira.

Atau jikaa teman-teman pernah memiliki kartu tanda siswa/mahasiswa, nah seperti itulah nanti hasil dari kartu yang akan kita cetak kali ini.

Baca Juga : Rekomendasi Kertas PVC ID Card

Pemotong ID Card

Untuk hasil yang maksimal, sangat disarankan menggunakan alat pemotong ID Card ini. Dengan alat ini akan sangat mempermudah pekerjaan kita.

Hasil potong yang cepat dan rapih yang membuat kita harus memiliki alat pemotong ini. Sebenarnya bisa saja sih kita menggunakan gunting untuk memotongnya.

Tapi, menggunakan gunting akan merusak kualitas dari ID card yang telah kita cetak. Selain itu, juga sangat menguras tenaga dan waktu.

Alat Laminasi Panas

Sepertinya tidak ada alasan tidak menggunakan alat yang satu ini, karena untuk melekatkan id card bagian depan dan belakang memerlukan alat laminasi panas.

Perekat pada bahan PVC akan merkeat dengan sempurna jika dipanaskan menggunakan alat laminasi.

Setelah kita mengetahui mengenai alat dan bahan apa saja yang perlu kita siapkan, selanjutnya kita akan membahas secara singkat mengenai rincian modal memulai usaha cetak ID Card.

Berapa Sih Rincian Modal Usaha Cetak ID Card?

Rincian yang saya berikan berikut ini merupakan asumsi harga saja, karena setiap spesifikasi atau merk dari alat dan bahan akan sangat berbeda. Oke langsung saja kita beberkan.

Printer                    : Rp3.000.000,-

PC                          : Rp5.000.000,-

Tinta                       : Rp300.000,-

Kertas ID Card       : 

Alat Pemotong        :

Alat Laminasi          :

Total modal yang dibutuhkan sebesar Rp0.000,-

Dengan asumsi tersebut, seharusnya kita sudah mulai bisa membayangkan berapa modal yang harus kita siapkan.

Perlu saya tekankan sekali laagi, bahwa rincian modal di atas hanya berdasarkan asumsi harga di marketplace saat artikel ini dibuat. Jadi lebih kurangnya modal yang kita siapkan itu tergantung dari kita yang memulai usaha cetak ID Card.

Penutup

Saya paham, jika artikel ini saja belum cukup untuk memberikan wawasan dan panduan bagaimana cara memulai udaha cetak ID Card rumahan.

Namun, tenang saja karena saya juga sudah membuat beberapa artikel lanjutan sebagi pedoman bagi teman-teman yang ingin memulai usaha percetakan ini.

Berikut ini beberapa list artikel yang telah saya siapkan

Cara Membuat ID Card Menggunakan Printer Rumahan

Cara mendesain ID Card Menggunakan Aplikasi Sederhana

Cara Menentukan Harga Jual ID Card

Cara Promosi Usaha Cetak ID Card

Selain empat artikel tambahan itu, teman-teman juga bisa membaca beberapa artikel yang saya selipkan di tengah-tengah paragraf tadi.

Sebagai disclaimer, saya sendiri belum pernah menjalankan usaha cetak ID Card. Namun sebelum membuat artikel ini, saya sudah mempelajarinya secara mendalam.

Banyak membaca artikel, melihat YouTube dari para mastah. Selain itu, saya juga banyak membaca mengenai sharing-sharing teman teman perctakan.

Jadi tujuan saya membuat artikel ini adalah untuk merangkum, sekaligus membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Sekian dan terima kasih, semoga hari kalian semakin menyenangkan. Byee



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url