Persiapan dan Cara Memulai Usaha Cetak Foto Polaroid

Cara memulai usaha cetak foto polaroid - Foto polariod memiliki banyak peminat terutama beberapawaktu belakangan ini. Menurut saya sih, usaha ini akan terus eksis sampai waktu yang lama ke depan. Mengingat saat ini siapa saja bisa memiliki foto dengan hasil yang bagus menggunakan gawai mereka.

Cara memulai usaha cetak foto polaroid

Tak jarang juga mereka akan memiliki keinginan untuk mencetak foto mereka dengan kuantitas yang banyak. Menurut saya ini merupakan salah satu peluang yang bisa kita manfaatkan. Baiklah tanpa panjang lebar akan saya berikan langsung bagaimana cara memulai usaha cetak foto polaroid.

Cara memulai usaha cetak foto polaroid

Sebagai catatan di sini saya akan memberikan cara atau tutorial untuk kalian yang benar-benar ingin memulai usaha ini dengan cara produksi sendiri, bukan dengan cara reseller atau dropshipper. Namun, kalian tidak perlu khawatir sebab saya akan memberikan peralatan dan bahan dengan harga terjangkau bahkan jika kalian mahasiswa pun bisa memulai usaha ini.

Perisapan alat dan bahan

Kalian hanya perlu menyiapkan alat dan bahan yang sederhana yaitu berupa satu unit komputer, satu unit printer, dan satu unit pemotong kertas serta alat tulis. Sedangkan untuk bahan kalian hanya perlu menyiapkan kertas foto dan tinta printer.

Komputer untuk memulai usaha cetak foto polaroid

Pertama tama dalam memulai usaha cetak foto polaroid kalian harus memiliki satu unit komputer. Di sini kalian bisa memilih laptop maupun Personal Komputer (PC) sesuai selera kalian. Namun menurut saya jika untuk memulai usaha kalian seharusnya menggunakan PC karena memang sangat kuat jika digunakan untuk kebutuhan komersial.

Namun jika memilih menggunakan laptop juga tidak masalah kalau kalian memang sudah punya laptop. Yang terpenting di dalam komputer kalian bisa menjalankan aplikasi editing foto atau edit dokumen. Ini nantinya hanya untuk alat mencetak foto saja.

Adaun spesifikasi yang dibutuhkan yaitu minal komputer dengan dual core dan memiliki RAM 4GB, untuk hardisk/penyimpanan internal itu terserah kalian.

Untuk budget membeli komputer bisa kalian siapkan dana sebesar 4-5 juta rupian. Nah saya asumsikan saja ya untuk dana membeli komputer adalah sebesar Rp. 5.000.000,-. 

Baca Juga : Rekomendasi Laptop Harga 5 Jutaan Untuk Mahasiswa

Printer untuk memulai usaha cetak foto polaroid

memulai usaha cetak foto polaroid
Printer L120 Untuk usaha memulai usaha cetak foto polaroid

Selanjutnya adalah printer, ini adalah senjata utama kalian dalam memulai usaha cetak foto polaroid. Jangan sampai kalian salah memilih printer karena akan berdampak fatal nanti kebelakangnya.

Setiap printer memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing, dan tentunya kalian harus bisa merawatnya supaya printer kalian tetap awet. Printer akan memiliki kemampuannya masing-masing dan memiliki daya tahan, fitur, dan hasil cetak yang berbeda-beda.

Namun kalian bisa kok meggunakan printer dengan hargaa satu jutaan, namun tidak terlalu saya rekomendasikan karena mencetak foto ini merupakan pekerjaan yang berat bagi sebuah printer. Nah saya merekomendasikan printer dengan harga 2 - 3 jutaan. 

Di sini saya mengasumsikan dana membeli printer untuk memulai usaha cetak foto polaroid sebesar Rp2.500.000,-.

Baca Juga : Rekomendasi Printer yang Cocok Untuk Kantoran dan Usaha Rumahan

Pemotong kertas untuk memulai usaha cetak foto polaroid

Peralatan Memulai Usaha Cetak Foto Polaroid
Pemotong Kertas Joyko A3

Untuk Pemotong kertas sih terserah kalian, bisa pakai cutter, gunting, atau pemotong kertas seperti di tukang fotokopian.  Tapi sebisa mungkin kalian mengindari memotong menggunakan gunting biasa, minimal kalian memotong menggunakan cutter.

Kalau untuk cutter sendiri sih kalian bisa menggunakan cutter dengan harga sekitar Rp25.000,- an lah ya untuk kualitas yang bagus. Tapi tetap saja kalian harus membeli juga isinya yang berkualitas. Serta jangan lupakan penggaris untuk alat bantu kalian memotong foto. Selanjutnya kalian juga harus punya cutting mat sebagai alas untuk memotong foto, terserah sih kalian mau pakai apa tidak. Tapi alangkah baiknya kalian gunakan alat ini untuk alas memotong.

Peralatan memulai usaha cetak foto polaroid
Cutting Mat Novus Ukuran A3

Untuk alat pemotong kertas sendiri bervariasi karena memang memiliki ukuran yang bervariasi juga. Kalau saya sendiri sih lebih suka menggunakan  pemotong kertas dengan ukuran A3. Untuk harga kita bisa sisihkan Rp200.000,- untuk pemotong kertas ini.


Aplikasi editing untuk memulai usaha cetak foto polaroid

Untuk aplikasi editing saya tidak aneh aneh karena memang pada dasarnya mencetak foto polaroid itu tidak terlalu memerlukan editing yang rumit. Kita cuma perlu memotong sesuai ukuran foto polaroid yaitu ukuran 2R, dan menata di area cetak supaya rapi.

Disini saya lebih suka menggunakan aplikasi MS Word karena ya memang simpel banget ga perlu skill ekspert. Nah untuk tutorial cetak foto polaroid di aplikasi Word kalian bisa cek artikel saya berikut ini.

Cara Cetak Foto Polaroid Menggunakan Microsoft Word

Kertas Foto untuk memulai usaha cetak foto polaroid

Bahan untuk memulai usaha cetak foto polaroid
Kertas Foto Spectra dan E-print Ukuran A4

Untuk kertas foto ada dua varian yang bisa kalian pilih yaitu Premium Glossy dan Silky. Nah untuk kualitas yang tinggi saran saya menggunakan yang silky ya. Namun, untuk kertas silky memiliki harga hampir dua kali lipat lebih mahal daripada kertas glossy.

Tapi jika kalian mengejar kuantitas boleh lah menggunakan kertas glossy, itu semua kembali ke diri kalian sendiri. Karena biasanya customer lebih memilih harga yang murah tapi dapat banyak daripada harga yang mahal.

Jika kalian bingung memilih kertas untuk usaha foto polaroid kalian bisa membaca artikel saya yang membahas tentang cara memilih kertas foto untuk cetak foto polaroid.

Cara Memilih Kertas Untuk Cetak Foto

Tinta printer untuk memulai usaha cetak foto polaroid

Dalam pemilihan tinta kalian jangan asal-asalan, karena biasanya jika salah memilih tinta hasil cetak foto kalian akan mudah pudar. Bahkan tidak sampai satu bulan foto kalian sudah pudar, dan menghilang karena terkena sinar matahari dan udara ruangan.

Peralatan untuk memulai usaha cetak foto polaroid
Tinta SUN REVO (Dye Based)

Selain berbagai macam merek, tinta printer juga memiliki beberapa varian. Varian atau jenis tinta printer antara lain sebagai berikut :

- Tinta Dye (Water Based)

- Tinta Art Paper (Oil based)

- Tinta Pigment

Baca Juga : Perbedaan Antara Tiga Jenis Tinta Printer : Dye, Art Paper, Pigment

Untuk panduan memilih tinta agar tidak salah pilih kalian bisa mengikuti artikel saya yang berikut ini :

Cara Memilih Tinta Printer Untuk Usaha Cetak Foto

 Rincian Anggaran Untuk Memulai Usaha Cetak Foto Polaroid

Untuk rincian anggaran yang diperlukan akan sekalian saya berikan sebagai bonus artikel ini. adapun rincian anggaran untuk memulai usaha cetak foto polaroid antara lain sebagai berikut :

1. Komputer                            : Rp5.000.000,-

2. Printer                                 : Rp.2.500.000,- 

4. Pemotong Kertas                : Rp.200.000,-

5. Alat Tulis Kantor                : Rp100.000,-

6.  Kertas Foto                        : Rp.200.000,-

7. Tinta Printer                        : Rp.200.000,-

Total Modal                            : Rp.8.200.00,-

 Menurut saya angka segitu memang besar, tapi peluang cetak foto polaroid ini sangat tingg. Selain itu keuntungannya juga banyak. Tapi jika kalian sudah memiliki komputer dan bahkan sudah memiliki printer mungkin kalian tidak perlu mengeluarkan uang sampai satu juta untuk memulai usaha ini.

 


 

Next Post Previous Post
5 Comments
  • Unknown
    Unknown 24 Mei 2021 pukul 17.43

    thankyou

  • Unknown
    Unknown 12 September 2021 pukul 19.08

    printer yang cocok untuk bisnis polaroid yg mana ya kk bagusnya

    • Rafli Novianto
      Rafli Novianto 24 September 2021 pukul 19.01

      Bisa menggunakan epson L1110 atau L120

  • likha_krenz
    likha_krenz 17 November 2022 pukul 10.14

    Kak kalo pake printer epson L3210 buat usaha polaroid cocok nggak? Kalo pake tinta ori bisa nggak?

    • Rafli Novianto
      Rafli Novianto 16 Juli 2023 pukul 09.41

      Cocok aja kak, untuk tinta ori hasilnya sangat lebih bagus karena kualitas tinta ori epson bagus. Saya sendiri dulu selama masih pake tinta ori hasilnya tidak pernah mengecewakan bahkan hasil fotonya cenderung lebih awet, namun untuk harga bisa diperhitungkan lagi soalnya agak mahal

Add Comment
comment url