Pengalaman Kuliah di Universitas Terbuka Selama Dua Semester

Universitas Terbuka
Logo Universitas Terbuka
Selamat datang di blog pribadi saya ini, terimakasih telah berkunjung ke sini dan semoga teman-teman suka dengan  tulisan yang ada di blog saya ini. Baiklah kali ini sayan ingin berbagi mengenai pengalaman saya kuliah selama dua semester di Universitas Terbuka. Sebenarnya saat tulisan ini saya buat tepatnya bulan agustus 2020 sudah hampir memasuki masa kuliah di semester ke tiga.

Tidak terlalu banyak juga sih ya karena masih dua semester, tapi aku mau share buat temen-temen siapa tau lagi cari-cari gambaran atau referensi bagaimana sih rasanya kuliah di UT.

Oke langsung saja ya yang pertama yang ingin saya sampaikan adalah daftar untuk menjadi mahasiswa di Universitas sangatlah mudah. Yang pertama teman-teman harus menyiapkan terlebih dahulu KTP yang masih berlaku dan Foto copy Ijazah terakhir yang sudah dilegalisasi oleh sekolah setelah itu tinggal mengisi formulir pendaftaran dan melakukan pembayaran uang kuliah di bank yang telah bekerja sama dengan Universitas Terbuka.

Untuk mendapatkan formulir pendaftaran teman-teman tinggal datang saja secara langsung ke UPBJJ UT terdekat (Unit Pembelajaran Jarak Jauh Universitas Tebuka) dan untuk pengambilan formulir tidak dikenakan biaya sepeserpun. Atau teman-teman juga bisa langsung daftar secara online melalui website resmi Unniversitas Terbuka.

Kuliah di Universitas Terbuka itu kalau menurutku sih gampag-gampang sulit, bisa dikatakan gampang karena kita tidak perlu datang ke kampus untuk kuliah cukup mengerjakan tugas "Tutorial Online" yang diberikan oleh dosen pembimbing atau biasanya disebut "Tuton". Oh iya yang lebih enak lagi itu kuliah di UT hanya selama delapan kali pertemuan loh selama satu semester. Nanti dalam kegiatan Tutorial Online tersebut akan mendpatkan kesempatan delapan kali diskusi dan tiga kali tugas yang diberikan pada pertemuan ke tiga, lima dan ke tujuh.

Selama tutorial online kita akan mendapatkan bimbingan dari seorang tutor yang telah ditunjuk oleh Universitas terbuka dan akan mendapatkan kelas virtual yang diakses melalui web e-learning Universitas Terbuka. Jangan heran nanti jika teman-teman ketika sudah mendaftar di UT bersama teman kalian kemudian tidak berada dalam satu kelas virtual tersebut meskipun daftar di UPBJJ dan jurusan yang sama, itu dikarenakan kelas virtual dibentuk secara otomatis oleh sistem UT dan berisikan mahasiswa UT seluruh Indonesia secara acak.

Yang unik lagi dari Universitas Terbuka adalah ketika ada kegiatan OSMB dan Ujian Semester, kita bisa saja kesulitan menemukan teman yang satu jurusan dengan kita. Apalagi jika kita daftar bersama teman kita, belum tentu juga kita berada di satu ruangan yang sama ketika kegiatan OSMB ataupun Ujian. Saya sendiri mahasiswa Universitas Terbuka UPBJJ Malang jurusan Akuntansi saat itu saya daftar bersama dua orang teman saya, dan sampai saat ini saya belum pernah merasakan kuliah satu ruangan bersama teman saya. Dan pengalaman unik lagi ketika sayan ujian adalah tidak ada satupun teman satu jurusan saya, selain jurusan Akuntansi memiliki peminat yang sedikit di tempat saya kuliah, tempat ujiannya pun diacak oleh sistem dari UT. Jadi yang menjadi teman ujian satu ruangan sama saya ya dari jurusan  dan fakultas yang berbeda-beda, jadi jangan harap bisa menyontoh jawaban teman kalian.

Selain itu ujian di UT juga sangat ketat, banyak peraturan yang bisa membuat nilai kita hangus. Jadi saran saya kalau mau ujian harus benar-benar dipersiapkan dengan matang, jangan sampai kurang persiapan, karena kalau kalian tidak lolos di satu mata kuliah maka harus mengulang kembali di semester depan.

Oh iya, jika teman-teman  tanya berapa sih uang kuliah di Universitas Terbuka maka akan sekalian saya jawab di sini. Untuk uang kuliah saya hanya sebesar Satu Juta Tiga Ratus Ribu Rupiah. Sebagai info sayan kuliah jurusan akuntansi sipas jalur reguler. Saya tidak ikut Tutorial Tatap Muka, kalau mau ikut bisa minta langsung ke UT dengan syarat dan ketentuan sesuai dari UT.

Mungkin di next artikel saya akan membahas mengenai apa itu sipas dan non sipas, pendas dan non pendas. Dan masih banyak lagi mengenai pengalaman, tips, dan banyak lagi mengenai kuliah di Universitas Tebuka. Buat teman-teman yang mau tanya-tanya lagi bisa langsung komen di bawah atau langsung DM ke Instagram ku. Mohon maaf kalau tulisanku masih acak-acakan yang mungkin sulit untuk dipahami hehehe.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url