Penyebab Powerpoint Tidak Bisa Dibuka dan Cara Mengatasinya

 Powerpoint Tidak Bisa Dibuka

Apakah kalian sedang mengalami kendala file powerpoint yang tidak bisa dibuka? Karena banyak sekali yang kebingungan mengenai powerpoint yang mendadak error ketika hendak dibuka. Hal itu tentunya sangat menjengkelkan tentunya.

Biasanya ada beberapa faktor yang menyebabkan file powerpoint tidak bisa dibuka seperti file corrupt, terinfeksi oleh virus, File terkunci, ekstensi file yang berbeda. Nah kali ini saya akan membahasnya satu persatu.

1. File PowerPoint Corrupt

Biasanya file yang terindikasi corrupt ini memiliki besar kemungkinan waktu pengiriman file tidak seratus persen berhasil. Bilamana hal tersebut terjadi seharusnya kalian bisa langsung saja untuk mengirim ulang file yang asli sampai sukses seratus persen.

2. File PowerPoint Terkena Virus

Selanjutnya bisa jadi file PowerPoint kalian terkena virus, hal ini bisa terjadi ketika kalian melakukan pengeditan atau membuka file di sembarang komputer. Atau bisa jadi komputer kalian lah penyebabnya. Biasanya file PowerPoint yang terinfeksi virus akan memiliki ekstensi .exe buka .PPT atau .PPTX. 

Biasanya juga jika kalian memaksakan membuka file tersebut, maka file akan langsung menghilang. Hal itu terjadi jika dikomputer yang digunakan untuk membuka file terdapat aplikasi anti virus yang kuat.

Cara untuk mengatasinya bisa dibilang sulit karena macam macam virus itu sangat banyak, malah bisa jadi file kalian akan selamanya tidak bisa dibuka atau bahkan hilang.

Saran saya segera hapus file yang terjangkit virus sebelum file-file yang lain ikut tertular.

3. File powerPoint Terkunci

 Biasanya hal ini terjadi ketika kita salah menaruh tempat file dan muncul notiikasi untuk melakukan repair, terkadang disebabkan ada beberapa folder yang tidak memiliki izin akses dari aplikasi untuk membuka file. Solusinya sangat mudah coba kalian pindahkan file powerpoint kalian ke folder lain. Usahakan untuk menaruhnya di tempat biasanya kalian menaruh file powerpoint. 

Atau kalian juga bisa melakuakn cara ini Buka Program / Aplikasi Microsoft Power Point. Pilih, File >> Options -> Klik "Trust Center" di sebelah kiri, lalu klik "Trust Center Settings" di sebelah kanan -> Pada dialog Trust Center yang terbuka, klik "Protected View" di sebelah kiri kemudian HAPUS tanda centang di sebelah "Enable protected view for files originating from the internet" -> terakhir , klik tombol "OK" -> Lalu, Cobalah membuka file lagi.

Jika cara itu belum berhasil kalian bisa melakukan cara kedua yaitu dengan cara klik kanan pada file presentasi, kemudian pilih properties, selanjutnya  pada tab general akan muncul tombol unblock di bagian bawah. Klik tombol tersebut maka file powerpoint kalian sudah bisa dibuka.

4. File PowerPoint Memiliki Ekstensi yang Berbeda

 Selanjutnya pada kasus file powerpoint tidak bisa dibuka bisa jadi file kalian memiliki ekstensi yang berbeda. Hal itu bisa dikarenakan oleh banyak faktor seperti, file terjangkit virus, file dibuka di aplikasi presentasi yang berbeda. Fila powerpoint dibuka menggunakan aplikasi yang terlalu lama.

Untuk bisa membukanya sebenarnya cukup mudah, kalian hanya perlu melakukan setting atau convert ekstensi ke dalam format .PPT .PPTX .PPS. Kemudian pastikan kalian menggunakan aplikasi yang memiliki versi sama dengan saat membuat file presentasi.

5. Aplikasi Kalian belum diaktivasi

Dalam kasus ini sebenarnya kalian tetap bisa membuka file presentasi milik kalian, namun kalian tidak bisa melakukan pengeditan. Nah hal ini menyebabkan file powerpoint kalian tidak bisa diedit lagi.

Pada mc office keluaran 2013 memang aplikasi yang belum diaktivasi hanya bisa membuka dalam view mode saja. Jadi solusinya kalian harus melakukan aktivasi terlebih dahulu kepada aplikasi powerpoint kalian. Baru kaian bisa melakukan pengeditan file powerpoint secara menyeluruh.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url