Cara dan Prosedur Mengajukan Uang Pinjaman di Pegadaian

Hai sahabat semuanya, kali ini saya ingin berbagi bagaimana cara mengajukan pinjaman uang di pegadaian. Pegadaian merupakan sebuah lembaga keuangan non bank yang dimiliki oleh negara.

Sistim di Pegadaian sangatlah simpel, yaitu kita tinggal pergi ke kantor Pegadaian terdekat dengan membawa barang jaminan dan KTP maka kita sudah bisa mengajukan pijaman. Proses mengajukan pinjaman di Pegadaian juga sangatlah cepat, kalian bisa mengajukan pinjaman dan akan cair saat itu juga.


 

Untuk urusan suku bunga, saya tidak bilang paling murah juga tidak bilang paling mahal. Nah untuk masalah ini mungkin akan saya bahas selanjutnya saja.

Cara mengajukan uang pinjaman di Pegadaian.

Pertama-tama kalian harus mengenali dulu apa saja jenis layanan peminjaman modal di Pegadaian. Yaitu antara lain ; Gadai KCA, Gadai Flexi, Gadai Krasida, Gadai Prima, Ultra Mikro. Namun kali ini saya akan membagikan bagaimana cara mengajukan Gadai KCA saja.

Sebagai info, Gadai KCA adalah layanan pinjaman modal di pegadaian yang sangat populer. Dengan besaran biaya sewa modal (bunga) sebesar 1.15% per 15 hari dan maksimal pinjaman selama 120 hari kalender. Maka dengan begitu, biaya sewa modal yang harus dibayarkan sampai jatuh tempo (120 hari) adalah sebesar 9.2%.

Setelah 120 hari kalender, kalian bisa melakukan penebusan atau melakukan perpanjangan gadai. Jika melakukan penebusan maka kalian harus membayar seluru pokok pinjaman dan sewa modal selama kalian meminjam. Oke langsung saja menuju ke cara pertama. 

Siapkan Persyaratan

Langkah pertama kalian harus menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan. Adapun persyaratannya adala sebagai berikut ; Fotocopy KTP/SIM/Pasport pilih salah satu yang ada. Kemudian Barang jaminan.

Nah, kali ini saya merkomendasikan untuk menggadaikan emas saja karena kalian akan mendapatkan uang pinjaman yang pasti. Sebenarnya jika ingin menggadaikan barang elektronik juga bisa loh asal barangnya masih memiliki nilai taksiran.

Isi Formulir Pengajuan Pinjaman

Langkah selanjutnya, kalian bawa semua persyaratan itu tadi ke kantor Pegadaian terdekat. Setelah itu, kalian akan disuruh untuk mengisi formulir yang telah disediakan.

Usahakan kalian memiliki nomor HP ang aktif ya, itu juga merupakan salah satu persyaratan penting. Jadi gunananya nomor HP adalah sebagai pemberi informasi jika gadai kalian akan jatuh tempo.

Tunggu pengajuan diproses

Setelah semua persyaratan terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah menunggu pihak Pegadaian memproses pinjaman kita. Setelah disetujui, maka nanti akan diberitahukan jumlah uang pinjaman yang bisa didapatkan. 

Selain itu, nanti juga akan ada biaya administrasi dan asuransi yang nantinya akan memiliki nominal berbeda-beda setiap jenis barang jaminan.

Nanti akan ada beberapa jenis mulai dari jenis A1 sampai D4 sesuai besaran sewa modal dan barang jaminan.

Pencaiaran

Untuk pencaiaran ada dua pilihan, kalian bisa memiliki uang tunai apa transfer Bank semua sesuai keinginan mu. Jika ingin melalui Bank transfer, maka kalian diharuskan memberi nomor rekening dan atass nama pemiliki rekening.

Setelah cair, maka akan diberikan bukti transaksi bahwa dana kalian sudah masuk ke rekening.

Selanjutnya kalian akan mendapatkan surat bukti gadai dan struk transaksi bukti pencairan. Nah di situ nanti akan ada informasi kapan jatuh tempo dan harus bayar berapa. saran saya jangan ada yang samapi hilang ya semua bukti transaksinya.

Oh iya, sebagai info jika kalian melakukan pencairan via transfer bank maka akan mendapatkan tiga buah kertas. Yang pertama surat bukti gadai, kedua bukti pencairan, yang terakhir bukti transfer.

Bagaimana mudah bukan? nah dengan membaca artikel ini saya harap kalian akan mendapatkan informasi tambahan. Dan tetaplah berhati hati saat melakukan transaksi keuangan karena rawan sekali penipuan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url