Cara Membuat Rekening Bank Online dan Review Pengalaman Menggunakan Jenius

Mungkin kalian banyak yang bingung, ingin memulai bisnis online tapi masih belum memiliki rekening bank. Pengen buka rekening tapi tidak ada waktu untuk pergi ke bank, atau malu malu tapi mau untuk pergi ke bank hehehe. 

Namun tenang, saat ini kalian bisa ko membuat rekening bank secara online. Tidak perlu pergi ke bank, cukup melaui handphone saja kalian sudah bisa memiliki rekening bank. Cukup simpel bukan?

Sebenarnya banyak sekali bank yang sudah menwarkan kemudahan ini, namun saya memilih jenius dari BTPN karena memang Jenius merupakan sebuah layanan yang berfokus pada pembuatan rekening online.

Sebelumnya sebagai disclaimer, saya tidak ada kerja sama dengan pihak jenius  maupaun BTPN atas pembuatan artikel ini. Ini murni dari pengalaman pribadi penulis sebagai pelanggan.


 

Cara membuat rekening bank online

Oke ya, langsung saja kita menuju bagaimana cara membuat rekening bank online di aplikasi jenius. Sebelumnya pastikan kalian sudah memasang aplikasi jenius di ponsel kalian, baru lanjutkan untuk membaca artikel saya ini.

1. Siapkan dokumen berupa E-KTP dan NPWP

Langkah pertama, kalian harus menyiapkan E-KTP dan NPWP. Sebenarnya  untuk NPWP adalah hal yang opsional, tapi sebisa mungkin kalian harus memiliki NPWP untuk memperlancar pendaftaran. Nanti akan berfungsi sebagai dokumen pendukung saat aktivasi rekening jenius kalian.

Sebenarnya, kalian bisa mendaftar menggunakan SIM, atau kartu pelajar juga bisa. Kedua dokumen yang saya sebutkan tadi bisa kalian gunakan untuk dokumen pengganti NPWP saat proses verifikasi.

2. Proses pendaftaran

Selanjutnya silahkan melakukan sign-up atau membuat akun Jenius, untuk caranya mungkin tidak akan saya bahas karena itu sangat basic. Jadi intinya, kalian bisa mendaftar akun jenius seperti halnya kalian mendaftar akun dompet digital lainnya.

Gak usah bingung, kalian bisa mengikuti intsruksi yang telah diberikan oleh aplikasi. Oh iya, usahakan untuk menggunakan e-mail dan nomor hp yang aktif ya untuk melakukan pendaftaran.

3. Aktivasi Video call

Setelah kalian berhasil melakukan pendaftaran, sekarang saatnya kalian mencari menu aktvasi akun. Sebagai info, kalian harus segera melakukan aktivasi supaya segera bisa bertransaksi. Tentunya dengan aktivasi, akun kalian akan aktif selamanya, karene jika tidak aktif maka akan dilakukan pembekuan akun oleh pihak jenius.

Lakukan aktivasi jangan lupa untuk menyiapakn KTP dan NPWP. Namun, kemarin saya melakukan aktivasi tidak menggunakan NPWP karena tidak memiliki NPWP. Jadi saya menggunakan katru mahasiswa saya.

Sebenarnya punya sih, tapi kartu NPWP saya belum datang, kan saya kemaren itu daftar NPWP secara online. Oh iya, mungkin saya juga akan bahas bagaimana cara daftar NPWP secara online. Stay tune ya.

Nah, di situ saya diminta dokumen lain oleh CS yaitu berupa SIM. Tapi yang jadi permasalahan adalah saya juga belum punya sim hehehe, akhirnya si CS memberikan satu pilihan lagi yaitu kartu mahasiswa, daannn akhirnya akun saya teraktivasi.

4. Menunggu M-Card datang kemudian aktivasi M-Card

Setelah akun anda teraktivasi maka kalian berhak menerima kartu M-Card dari jenius, yang nantinya akan menjadi kartu utama dari rekening jenius kalian. Nanti kalau kartu sudah dicetak maka kalian akan mendapatkan e-mail dari kurir yang akan mengirim kartu.

Kurir yang bekerja sama adalah ninnja ekspres, di situ tertera antara 7 sampai 10 hari kerja estimasi kartu kalian akan sampai. Saya kira ya wajar sih segitu karena memang kita tidak akan dikenai ongkir alias ongkir Rp. 0,- dari pihak jenius.

Dan ternyata hanya 3 hari kerja saja kartu sudah sampai di tangan dengan selamat. Selanjutnya saya langsung melakukan aktivasi M-Card saya supaya bisa dibuat untuk transaksi offline.

Mungkin tidak perlu lah saya share bagaimana cara aktivasi M-Card karena itu sangat basic juga kalian bisa membaca instruksi yang tersedia di aplikasi.

REVIEW JUJUR MENGGUNAKAN APLIKASI JENIUS

Sebenarnya lucu juga sih kalau saya buat artikel review ini sekarang, karena saya sendiri belum pernah melakukan transaksi menggunakan jenisu hehehe.

Tapi ga papa lah, namanya juga masih seminggu yang lalu sejak artikel ini saya ketik. Saya akan memberikan review sedikit tentang bagaimana perasaan saya menggunakan aplikasi ini.

Dalam review kali ini saya akan menyampaikan sedikit kedala saat pertama kali pendaftaran, jadi yang paling menyebalkan adalah ketika meminta OTP. Saat saya melakukan pendaftaran OTP agak terhambat yang membuat saya agak sedikit sebal. Tapi setelah saya tanya-tanya sebenarnya cuma saya aja yang mengalami kendala wkwk. Okelah itu hal wajar.

Selanjutnya, saat melakukan aktivasi pun saya tidak berjalan mulus. Beberapa kali loh, ga cuma satu kali aja saya mencoba untuk meminta aktivasi.

Kendala yang saya alami adalah sering terputus tiba-tiba saat belum mulai melakukan video call ativasi. Nah, ketika sambungan kalian dengan pihak jenius terputus maka kalian diharuskan untuk menunggu 5 menit sebelum bisa melakukan aktivasi.

Permasalahan yang lain adalah, ketika saya sudah terhubung dengan CS ternyata ada kendala suara dan video yang delay. Padahal internet di rumah saya 3 Mbps yang stabil, buat video call, download, dan streaming juga masih lancar tapi saat video call ativasi malah ngadat.

Sama CS kemudian disarankan untuk ganti koneksi, dan ya saya terpaksa ganti koneksi menggunakan data seluler, dan agak boros kuota sih karena kita harus memiliki koneksi 4G yang stabil.

Sedikit tidak nyaman untuk kalian yang berada di daerah yang sulit sinyal, mungkin itu saja sih untuk keluhan aplikasi. Yaitu aplikasinya sagat berat untuk koneksi yang pas pasan ekekek.

Selebihnya saya sangat puas dengan pelayanan jenius. banyak sekali layanan menguntungkan, dan tentunya CS juga ramah. Kalau saya baca rewie orang di komen facebook tentang jenius memang banyak yang negatif.

Mau gak komen negatif bagaimana, orang mereka saja tidak mau baca TOS dari jenius keburu koar-koar gak jelas.

Be smart peeople lah kalau kata om deddy wkwkwk.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url