Pengalaman Dan Cara Daftar DANA Bisnis

Sedukit agak lama emang saya ga update artikel. Nah kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya menggunakan fitur DANA bisnis, dan cara daftar DANA bisnis.

Oh iya, saya emang punya usaha sih makanya saya daftar fitur DANA bisnis ini. Bukan karena apa, karena saya cuma ingin ada fitur pembayaran yang lebih modern di tempat usaha saya. Dan BOOM! ternyata lebih dari ekspektasi yang saya harapkan ketika saya menggunakan fitur DANA bisnis ini.

Oke dah, tanpa banyak basa basi langsung saja menuju ke pokok pembahasan.



Pengalaman menggunakan DANA Bisnis


Saya bahas pengalaman pertama dulu aja ya, sekaligus review aplikasi DANA. Ini bukan sponsor dari DANA tapi memang karena pengalaman pribadi penulis tentang aplikasi ini. Mungkin akan lebih banyak saya membahas keunggulan daripada kekurangan, sejujurnya saya juga kurang paham apa kekurangan aplikasi ini.


1. Memudahkan pembayaran


Tujuan utama saya daftar fitur bisnis memang karena ingin mencari kemudahan pembayaran di tempat usaha saya. Dengan menggunakan fitur DANA bisnis kalian akan mendapatkan fitur QRIS yang tentunya akan memudahkan proses pembayaran.

Dengan fitur itu, semua pelanggan akan mendapatkan kemudahan membayar pesanan menggunakan aplikasi m-banking maupun dompet digital, yang saat ini rata-rata sudah support metode pembayaran menggunakan QRIS.

Selain itu, kalian juga bisa membuat link pembayaran loh meskipun harus ada minimal transaksi sebesar Rp. 50.000,-. Dengan begitu, kalian akan memudahkan mendapatkan pembayaran dari pelanggan kalian secara online.

Tak hanya itu, kalian sebagai penjual juga dimanjakan dengan fitur QRIS itu loh, pasalnya kalian tidak akan dikenakan biaya transaksi penarikan meskipun harus menunggu di hari berikutnya. Namun jika kalian menariknya langsung ke rekening pribadi kalian akan dikenakan biaya transaksi.

Untuk besaran biaya transaksi kalian bisa lihat langsung di situs atau aplikasi DANA. Saya tidak bisa menuliskan, karena ditakutkan sewaktu waktu terjadi perubahan dan saya tidak sempat melakukan update artikel ini.


2. Ada fitur near me


Mungkin bagi sebagian orang fitur ini sepele, namun tanpa kita sadari kita akan mendapatkan keuntungan promosi gratis loh. Ketika ada pengguna aplikasi DANA di sekitar tempat usaha kalian, maka mereka akan mudah menemukan usaha kalian.

Secara tidak langsung, itu akan menjadikan tempat promosi gatis bagi usaha kalian loh. Ga perlu pusing pusing optimasi usaha kalian udah terotimasi secara otomatis di aplikasi DANA.

3. Menunjukkan bahwa usaha kalian benar-benar serius


Dengan adanya fitur pembayaran yang lengkap, itu akan membuat calon pembeli merasa lebih percaya dan nyaman melakukan pembelian di tempat usaha kalian. Selain itu, pelanggan akan lebih nyaman karena bisa melakukan transaksi pembayaran ketika pelanggan sedang tidak membawa uang cash. 

Sebenarnya masih banyak juga fitur lainnya seperti kita bisa jualan produk digital, melayani transfer uang, menjual tiket bus dan lain lain. Dengan begitu, kita akan memiliki banyak sekali layanan yang bisa kita berikan kepada pelanggan, sehingga harapan kita untuk memuaskan pelanggan sangatlah tinggi. Namun, saya tidak akan membahas itu semua di sini, kalian bisa mencari tahu sendiri dengan mengunduh aplikasinya.

Cara Daftar Aplikasi DANA Bisnis

Oke, terimakasih telah membaca artikel saya sampai di sini. Kali ini saya akan memandu kalian tentag bagaimana acara daftar Dana Binis. Cara mendaftar Dana Bisnis sangatlah mudah, kalian cukup menyiapkan beberapa dokumen seperti KTP dan NPWP, kalupun kalian belum punya NPWP kalian tetap bisa kok daftar dana bisnis.

NPW hanya sebagai syarat untuk mendaftar dana bisnis sebagai merchant Gold, namun jika kalian belum punya, maka hanya bisa mendaftar dana bisnis sampai merchant silver saja. Tentunya kalian akan sedikit memiliki pembatasan daripada merchant gold. Namun itu tidak menjadi masalah karena untuk bisnis skala kecil merchant silver sudah lebih dari cukup.

Berikut ini Langkah-langkah mendaftar aplikasi dana bisnis

1. Siapkan semua dokumen yang telah saya sebutkan di atas, jangan lupa juga kalian harus berada di tempat usaha kalian saat mendaftar. Karena nanti kalian wajib memfoto produk dan tempat usaha kalian.

2. Silahkan buka aplikasi dana kalian, dan klik gambar dana bisnis maka otomatis kalian akan diarahkan menuju halaman pendaftaran dana bisnis.

3. Isi semua formulir mulai dari nama, alamat, jenis usaha, jam operasional dan lain-lain.

4. Upload foto yang diperlukan seperti  foto teempat usaha dan foto selfie kalian bersama produk.

5. Setelah semua kalian isi dengan benar maka segera minta peninjauan, selanjutnya kalian tinggal tunggu review sampai approve.

Oh iya, jangan lupa bahwa akun personal kalian harus sudah terverifikasi KTP ya terus jangan lupa untuk menautkan rekening bank kalian juga. Jangan sampai tidak ada, karena itu akan membantu kalian menarik uang.

Setelah status disetujui, maka kalian akan mendapatkan merchant bronze untuk tahap pertama. Kalian bisa melakukan update status merchat ke silver dengan cara klik status merchat maka otomatis kalian akan diarahkan ke halaman verifikasi merchat silver. Tinggal ikuti caranya hingga selesai. 

Nah, jika kalian ingin melanjutkan ke merchat gold kalian harus menyiapkan lagi dua dokumen, yang pertama harus punya NPWP dan yang kedua dokumen keabsahan tempat usaha. Dokumen tersebut meliputi, SITU, SIUP, TDP atau lainya yang menyatakan legalitas tempat usaha kalian.

Itulah pengalaman saya menggunakan aplikasi dana bisnis, mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan. Saya masih belum memiliki kendala terhadap penggunaan aplikasi ini karena sampai saat ini masih nyaman. Mungkin di lain kesempatan, jika saya sudah menemukan beberapa kelemahan akan saya perbarui artikel saya ini.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url