Cara Mengatur Waktu Kuliah Sambil Bekerja

Okelah kalau kita membahas kuliah di Universitas Terbuka, sudah jelas para mahasiswa sudah memiliki pekerjaan. Ya bisa dibilang kuliah sambil bekerja lah, kecuali mereka yang mengikuti program beasiswa yang diharuskan mengikuti kelas selama satu minggu ful dalam delapan kali pertemuan. Namun kali ini kita hanya akan membahas buat kalian yang kuliahnya sambil bekerja saja ya, terutama yang non pendas. Okelah simak beberapa tips mengatur waktu kuliah sambil bekerja berikut supaya kalian bisa mendapatkan nila yang bagus ya.

Cara Mengatur Waktu Kuliah Sambil Bekerja
Cara Mengatur Waktu Kuliah Sambil Bekerja

 

Sebenarnya sih materi ini sudah diberikan sewaktu OSMB, tapi aku paham kok kaau kalian mencari artikel sejenis ini sudah dipastikan ingin cari referensi cara lain untuk belajar bukan? ya karena maklum saja, pihak UT memberikan cara yang menurut saya agak lebih rumit dan panjang, ribet lah intinya. Oke kenapa aku bilang panjang dan rumit? ya jelas untuk kita-kita orang malas atau orang kurang rajin terutama sangat malas deh kalau disuruh menyusun jadwal ini itu, memonitoring hasil belajar secara berkala dan terus-menerus kemudian masih lagi mengevaluasi satu-satu yang tentunya sangat bejibun dan cukup menyita waktu hanya untuk monitoring. 

Jadi untuk jalan pintasnya supaya lebih simpel dan maksimal aku punya beberapa tips yang menurutku ampuh sih. Jadi tips yang pertama adalah menegetahui jumlah materi atau jumlah sks yang sedang kita tempuh. Kedua, kita menyusun jadwal yang simpel dan fleksibel, intinya kita harus nyaman lah sama jadwal tersebut. Nah, bagaimana sih menyusun jadwal yang membuat kita nyaman?

Jangan membuat jadwal yang terlalu kaku

Nah, ini nih yang paling membuat kita sulit untuk belajar (kalau aku sih ini, entah kalau kalian wkwkwk). Selama aku kuliah sih, aku ga pernah memperketat atau membuat jadwal kuliah yang begitu kaku, okelah kalau kita membuat jadwal itu sangat ketat kita bisa lebih disiplin lagi. Woy ingat kita bukan kuliah militer, kita tuh cari ilmu bambank!. Okelah sekarang kita ambil contoh saja kalau kita selama satu hari bekerja mulai jam tujuh pagi sampai jam empat sore katakan, sudah jelas kita sangat capek bukan? Belum lagi pagi hari seharusnya satu jam sebelum berangkat sudah persiapan berangkat bekerja. Hmm, okela kalau setiap hari kita selalu menjalankan aktivitas sesuai jadwal, kalau semisal tiba-tiba ada halangan seperti meeting mendadak, ada saudara atau teman yang minta tolong ini itu, jalanan macet terus kita nyame rumah telat. Katakan lah jadwal kita belajar adalah pukul 19.00 sampai 21.00, tapi kita msih di perjalanan bahkan masih belum pulang sampai pukul 18.00 dan kita baru nyampe rumah sudah mendekati pukul 19.00, artinya kita gak sesuai jadwal dong? ya memang benar sih kita tinggal mengundurkan sedikit sekitar tiga puluh menit sampai satu jam baru kita belajar. Eits, tapi di situ kita gak bisa konsen dan gak bisa belajar dengan tenang loh, emang iya? ya coba aja kalau gak percaya. Soalnya apa? ya karena kita sudah terbebani oleh jadwal dan target, semisal saat pukul 19.30 seharusnya kita sudah selesai membaca materi satu modul eh ternyata di situ kita belum dapat apa-apa alhasil secara tidak langsung kita tergesa-gesa untuk menyelesaikan belajar secepat mungkin. Nah jadi, saran saya sih kalau buat jadwal jangan terlalu kaku, kalau dalam satu pekan itu diwajibkan menyelesaikan tugas diskusi sebanyak enam biji, yaudah selesaikan enam tersebut dalam waktu satu pekan urusan kapan kita mengerjakan ya terserah asalkan jangan telat gitu aja.

Cari waktu yang benar-benar saat kita rileks

Ini penting juga, intinya kalian haru cari waktu yang rileks udah itu aja titik. Maksudnya begini, kita kalau mau belajar dan ingin faham materi mau gak mau kita harus cari waktu yang di mana otak benar-benar rileks, karena kalau kita belajar dalam tekanan atau ada beban pikiran lain udah deh jangan harap materi yang udah kalian pelajari bisa diingat dengan baik. Kalau gak percaya ya coba aja sendiri. Waktu di mana otak kita rileks mah tergantung kita sendiri, kalau aku sih ga ada jam menentu, kadang dini hari, kadang juga siang, kadang juga tengah malam atau gak gitu sore selesai maghrib. Sewaktu-waktu dah pokoknya, ya maklum selama ini sampai tulisan ini dibuat aku masih bekerja di rumah, bukan pengangguran loh ya, kalau kalian anggep aku pengangguran fix kalian berjiwa babu hahahah canda doang. Jadi, di manapun dan kapanpun bahkan apapun yang terjadi kalau fikiran kalian rileks segera baca-baca materi jangan ditunda, hitung-hitung satu dua poin kalian dapat memahami materi, kan lumayan.

Jangan memaksakan waktu

Okelah boy dua point tadi udah dibilang jangan kaku, nah kenapa sih masih aja membahas poin ini kan udah jelas tuh dua poin tadi kalau ga boleh buat jadwal kaku dan harus cari waktu rileks. Beda lah boy, jadi baca dengan seksama ya. Nah jadi gini, kalau memang seharian penuh kalian ga ada waktu untuk membaca secuil materi yang artinya ga ada waktu rileks sama sekali, yaudah jangan dipaksakan daripada kalian malah semakin setres gegara kuliah, gak semakin pinter malah semakin gila hahaha. Jadi yaudah kalian ga  usah maksa waktu deh, kan masih ada hari-hari berikutnya ya kan? wah keburu kelar dong? ya emang, mau gimana lagi yakan daripda semakin pusing stres, lalu besoknya izin gak masuk kerja gegara sakit gaji kepotong deh. Udah gaji kepotong, sakit dan berobat, nilai gak maksimal nah gimana cuy? nyesek dah pasti.

Lebih cepat, lebih baik

Lebih cepat, lebih baik? katanya ga boleh buat jadwal kaku, cari waktu rileks, ga boleh memaksakan waktu tapi sekarang kok bilang gitu? Wah fiks nih orang cuma buat konten supaya dapat adsense doang. Serah elo ah, gua aja dah ga tau gimana nasib akun adsense soalnya ada masalah, sampai artikel ini dibuat sih masih belum mikirin adsense hahaha. Nah jadi begini para pengunjunng blog ku yang budiman baik hati, tidak sombong dan rajin menabung. Kalau kalian ingin kuliah ya yang niat lah, sekalipun di tiga poin tadi aku bilang kita harus santai sekarang saatnya bilang yang serius. Jangan sampai santai tersebut jadi malas, malah jadinya gak karuan nanti. Jadi bray, kalau kalian ada waktu terutama di awal pekan, waktu luang yang panjang loh ya, jangan sia-siakan kesempatan tersebut. Kebut aja tuh ya tugas maupun diskusi yang diberikan oleh pembimbing tuton secepat mungkin, dahalah akau bilang diskusi itu gampang sih cuy, kalian tinggal amati jawaban teman kalian dan tutornya tuh komen apa, tinggal kalian Amati Tiru dan Modifikasi serta tambahkan kekurangan yang disampaikan tuton (sebagai catatan ini cuma cara cepat loh ya, bukan cara yang maksimal dan pastikan kalau teman kalian udah ada yang menjawab soal sebelumnya). Nah kalau sudah begini nih kita tinggal baca dan memahami materi-materi yang ada di modul dan mengerjakan latihan soal di modul dengan tenang. 

Prioritaskan mata kuliah yang kalian sukai

Satu semester kan banyak ya mata kuliahnya. Ya jelas lah boy, hahahaha. Jadi dari sekian banyak mata kuliah, prioritaskan untuk mempelajari mata kuliah yang kalian sukai terlebih dahulu, soalnya  itu sangat efektif untuk mendapatkan nilai bagus menurutku. Ya gimana ya, sebenarnya kalau kita bicara kulaiah di UT itu dah ga usah ngomongin IPK deh, kita cukup serius dengan materi yang kita pelajari kalau kita paham dengan materi yang kita pelajari IPK bagus akan mengikutinya. Kan semua kuliah ya gitu kalau kita gak bisa ya ga dapat IPK bagus. Hmm iya juga. Tapi di UT tuh man ga ada toleransi, dapat jelek ya jelek, bagus ya bagus, ga ada remidi sebelum nilai keluar yang ada tuh ngulang sks di semester berikutnya. Jadi kalau kuliah di UT tuh ga diliat dari segi subjektif karena ga ada dosen atau siapapun lah yang kenal kita, ya karena penilaiannya tuh ful objektif. Gak paham? yaudah deh baca seribu kali pasti paham kok hahaha. Hm ya intinya kalian harus prioritaskan matkul yang kalian sukai, yang gak disukai mah belakangan gapapa buat syarat aja hahaha, yang penting dapat nilai B gitu aja. Terus mata kuliah yang penting gimana? yaelah ya mana ada mata kuliah gak penting lawak juga kao nak.


Yaudah lah ya, dah ga tau mau ngetik apa lagi, intinya ya itu caraku kuliah sambil kerja. Kok gak nyambunng sih sama judulnya? ya kan tersera gue yang nulis, aku gak bisa buat jadwal untuk mengatur waktu kuliah ya jadi gini yang gue lakukan. 

Sebagai catatan ya, banyak sekali cara yang bisa kita lakukan. Jadi kalau kalian cari referensi cara belajar ya jangan cuma satu referensi, cari sebanyak mungkin lalu buat cara belajar yang kalian banget lah intinya. 

Maap ya kalau artikel ku semraeut, bahasa gak jelas sulit dimengerti. Ya mau gimana lagi yakan?

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url