Cara Menentukan Harga Foto Polaroid

Seperti janji saya pada artikel tentang cara promosi foto polaroid, kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara menentukan harga foto polaroid. Namun, sebelumnya kalian harus sudah membaca artikel saya yang lainnya mengenai foto polaroid ini.

Jika kita melihat di marketplace maka banyak sekali yang menjual foto polaroid dengan harga yang murah. Namun apakah itu mendapatkan keuntungan yang maksimal? bisa iya, bisa tidak. Karena biasanya ada harga ada rupa tentunya.


Hitung harga pokok produksi

Kalian harus mengetahui harga pokok produksi baik biaya yang bisa kita ketahui secara langsung maupun tidak langsung.

Oke, sekarang kita langsung untuk menuju perhitungan secara rinci berapa sih biaya yang kita keluarkan untuk melakukan cetak foto polaroid.

Kertas Foto        : Rp2.500,- Perlembar
Tinta                   : Rp500,- Perlembar
Biaya lain           : Rp1.500,- Perlembar
Total Biaya        : Rp4.500,- Perlembar

Asumsi harga cetak foto perlembar menggunakan kertas foto silky, jadi harga perlembar lebih mahal.

Dengan harga segitu kalian bisa mencetak 8 atau 10 foto polaroid perlembar, tergantung dari settingan kertas kalian.

Sedangkan untuk biaya lain-lain itu adalah biaya yang harus kalian keluarkan untuk perawatan printer dan bayar listrik. Biaya ini jangan sampai kalian lupakan.

Karena jika kalian tidak menyisihkan uang untuk keperluan itu maka nanti akan ribet sendiri di akhir. Seperti ketika ada kendala pada printer kalian yang menuntuk kalian untuk melakukan servis.

Kembali lagi membahas mengenai harga jual tadi.

Oke sekarang kita sudah mengantongi harga produksi sebesar Rp4.500,- per lembar (kertas foto silky A4 dengan tinta Dye).

Yang jelas kalian menginginkan keuntungan yang maksimal kan? nah untuk itu kalian harus membagi foto foto tersebut menjadi 10 foto setiap lembar.

Nah untuk harga jual foto polaroid kalian bisa menjualnya dengan harga Rp10.000,- per lembar. Jadi kalian akan mendapatkan untuk sebanyak Rp5.500,- per lembar.

Untuk penjualannya sendiri kalian juga harus bisa meyakinkan para calon pembeli dengan minimal pemesanan 10 biji foto polaroid.

Jadi kalian tidak akan membuang kertas secara sia-sia. Selanjutnya harus mengikuti keliapatan 10, atau paling tidak kelipatan 5 lah.

Karena kalau kelipatan 5 nanti akan menyisahkan separuh pas kertas foto, jadi masih bisa kalian gunakan lagi.

Harga cetak foto polaroid memang beragam di pasaran, ada yang bahkan hanya Rp150,- per lembar, tentunya itu memiliki kualitas kertas dan ketajaman hasil foto yang sangat buruk.

Kalian harus bisa mempromosikan usaha kalian dengan tepat agar nantinya bisa bersaing dengan kompetitor-kompetitor kalian.

 Baca Juga :

Persiapan dan Cara Memulai Usaha Cetak Foto Polaroid 

Cara Promosi Cetak Foto Polaroid Secara Online

5 Printer Epson Murah Cocok untuk Rumahan, Kantor atau Usaha

 

 

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url