Tips dan Tutorial Setting Kamera HP Agar Bagus

Fotografi ponsel
Foto Grafi Ponsel (sumber : pixabay)

 

Sesuai janji gue melanjtukan postingan sebelumna tentang cara optimasi akun Instagram, kali ini gue akan membahas mengenai cara setting kamera hp biar nanti kalau diupload di Instagram hasilnya bagus.
 
Tapi sebelum lanjut ke postingan ada pesan nih untuk kalian. Yang pertama, namanya belajar itu ga ada yang instan ya. Jadi meskipun kalian memahami materi ini belum tentu juga akan langsung menghasilkan foto maksimal. Ke dua, ga ada yang namanya master, suhu, atau apalah, di sini gue cuma mau bagi in settingan aja, dan gue juga bukan ahli dan foto grafi. Jadi, jika ada yang salah, kurang, atau kelebihan mohon koreksinya di kolom komentar. Biar bisa menjadi koreksi sekaligus diskusi bagi kita.

 

Jaga Fokus Kamera

Jika kalian menggunakan mode otomatis pada kamera HP, usahakan untuk selalu menjaga fokus kamera supaya hasil bisa maksimal. Dengan menggunakan mode manual biasana kita selalu salah dalam mengambil fokus gambar, atau kadang tidak terlalu memperhatikan fokus kamera.
 
Alhasil gambar terkadang agak sedikit memiliki efek blur pada bagian yang seharusnya tidak blur. Untuk menyiasati hal tersebut coba untuk menggunakan mode manual pada HP. Biasanya mode tersebut memiliki tempat yang berbeda-beda di setiap HP. 

 

Jaga lensa agar tetap bersih

Ini paling vital tapi terkadang diabaikan. Dulu gue bingung tiap ada bapak bapak atau emak emak yang motret pakai hp kok selalu hasilnya blur, padahal Hp mereka kameranya bagus. Setelah gue telusuri, eh ternyata lensa kameranya kotor banget.
 
Ya, hal itu bisa terjadi karena kita sembarangan menyentuh atau memegang lensa kamera, jadi ya gitu deh. Kotoran dan lemak yang ada di tangan kita menempel pada bagian luar lensa kamera. Solusinya cuma satu sih, bersihkan menggunnakan tissue, atau kain yang lembut seperti kain yang biasa digunakan untuk membersihkan kacamata lebih bagus. Kalau tidak membawa atau tidak punya dua benda tadi, kalian bisa menggunakan kaos bagian dalam untuk membersihkan lensa kamera.

 

Bagaimana simpel bukan?

 

Gunakan Mode Manual

Gak harus sih kita menggunakan mode manual, aku sendiri suka menggunakan mode otomatis. Tapi terkadang kita juga perlu menggunakan mode manual dalam beberapa case.
 
Sebagai contoh aku sering menggunakan mode manual ketika sulit sekali mendapatkan fokus untuk memotret jarak dekat atau makro. Di dalam mode manual kita bisa mengatur jarak fokus sesuai kenginginan kita secara lebih maksimal.
 
Selain itu, terkadang dalam kondisi cahaya ang backlight kita tidak bisa mendapatkan gambar yang bagus. Dalam artian ketika kita mengambil gambar dengan cahaya latar belakang terlalu terang akan menghasilkan gambar ang gelap pada objek yang kita foto. Nah di dalam mode manual kita bisa mengaturnya.

 

Amati Pencahayaan

Macam-macam pencahayaan dalam fotografi ini sih banyak banget, dan kalian wajib paham kalau ingin mendapatkan hasil foto yang maksimal.
 
Tapi secara simpelnya sih kalian bisa mengambil foto di tempat terbuka selepas pukul 15.00 waktu setempat, di waktu tersebutlah pencahayaan sangat bagus unntuk kegiatan fotografi.
 
Sedangkan untuk foto indoor usahakan membuat pencahayaan yang tidak terlalu gelap maupun terang, kalau bisa sih gunakan lighting khusus yang memiliki difuser. Dan usahakan jangan menggunakan flash bawaan dari kamera HP, udah itu aja.
 
Intinya, semakin sering kalian mengambil foto semakin cepat juga bisa mendapatkan pencahayaan yang bagus.

 

Gunakan dan Pahami Grid Kamera

Untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal, wajib menggunakan grid pada kamera. Untuk menggunakannya cukup pergi ke pengaturan cari aktifkan grid kamera. 
 
Fungsi dari grid kamera adalah untuk mendapatkan komposisi foto yang pas. Perna gak sih kalian pergi bersama teman ke wisata lam seperti pantai atau gunung, kemudian sama-sama mengambil foto di tempat yang sama namun hasilnya berbeda? Ya bisa jadi dalam pengambilan komposisi yang kurang pas bisa membuat hasil foto jadi kurang maksimal.
 
Jadi jangan heran jika ada fotografer yang banyak pola ketika mengambil foto, ya itu bertujuan untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal.

 

Usahakan Memahami Golden Rasio

Kalau sudah menggunakan Grid, jangan lupa untuk memperlajari golden ratio ya. Karena kombinasi dari kedua hal tersebut bisa menghasilkan foto yang sangat maksimal. Bahkan bisa saja kita mnedapatkan hasil foto sekelas fotografer profesional.

 

Jepret Beberapa Kali

Usahakan jangan jepret sekali, jepret beberapa kali. Hal itu bertujuan untuk mendapatkan beberapa gambar yang nanti bisa kita pilih. 

Jadi dengan menjepret beberapa kali, kita bisa lebih leluasa memilih foto yang menurut kita bagus.Jangan sampai menyesal hasil foto jelek karena kita hanya mengabil foto satu kali, maksimalkan momen yang ada, intinya begitu. 

 

Sering-sering berlatih

Seperti yang gue bilang di awal, latihan sesering mungkin akan membuat kita semakin jago dalam mengambil foto. So jangan putus asa ketika di awal-awal hasil jepretan foto kita masih kurang maksimal, mungkin itu hanya perlu kebiasaan saja.

Sekian artikeldari saya, semoga bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa komentar bila ada yang kurang faham atau ada kesalahan penyampaian dari saya. 


Good Luck

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url